March 16, 2010

Lurik is the stripes of my country

 Follow my blog with bloglovin
Indonesia punya banyak sekali kain tradisional, maksudku tekhnik tenun dan coraknya. Salah satu yang terkenal dan sedang naik daun di kalangan para desainer negeri ini adalah lurik. Yap, lurik, selain batik dan songket. Para desainer rame-rame bikin rancangan baju yang menggunakan lurik sebagai aplikasi maupun bahan utama.
Setelah dapat info mengenai tempat pembuatan dan penjual lurik yang cukup banyak variasi corak dan warnanya, beberapa hari yang lalu aku dapat kesempatan menuju tkp. Nama tempatnya Kurnia Lurik, tempatnya di Jalan Parangtritis.
Menarik sekali, ternyata tekhnik tenun lurik modern nggak hanya bikin kain bermotif stripes, tapi juga kotak-kotak (yah.. bukan lurik lagi dong namanya...??).


Keren ya? Motifnya sih mirip2 katun yang dijual di kios kain Pasar Bringharjo, tapi yang ini dikerjakan dengan ATBM tenun lurik, jadi lebih tebal dan lebih kuat.


Warnanya juga nggak lagi didominasi coklat, hijau, kuning dan hitam. Tapi sudah ada yang merah, biru, ungu, dan warna-warna yang lebih cerah.

 Sempet lihat stok benang-benang yang belum dipintal dengan rapi. Wah, sangat banyak warnanya. Sepertinya proses pewarnaannya juga sudah menggunakan pewarna kimia, tidak hanya yang alami, supaya warnanya lebih kuat.
Ada 6 orang perempuan yang bertugas memintal benang.


Tampaknya kadang-kadang ribet juga :D


 Benang-benangnya dipintal supaya rapi.
Kemudian, dipisah-pisahkan untuk dipakai di alat tenunnya. Wah, proses ini lumayan rumit, aku nggak begitu paham urutannya. Dikerjakan oleh dua orang laki-laki yang tampaknya sudah hapal komposisi warna yang dibutuhkan untuk motif-motif tertentu.



Setelah itu benang siap untuk ditenun.


Ada sekitar 30 orang penenun di situ. Yang muda, yang sangat tua, semua bekerja dengan kecepatannya masing-masing.
 Maka jadilah lurik-lurik cantik. The stripes of my country ♥
Bisa dijadikan baju, tas, dompet, aksesoris, dll. Pokoknya di tangan yang kreatif, lurik bisa jadi apapun.


 Hmm.. sempet sih membayangkan apa jadinya kalau semua ini bisa dikerjakan dengan mesin. Akan banyak yang kehilangan mata pencaharian.
Tapi semoga enggak terjadi yaaa :)



Well, Bloggermates, selamat berwisata dan belanja produk Indonesia!!

•  Photos by Firman-HMD

2 comments:

g. siahaya said...

Informasi yang sangat berguna. :) Dan foto-fotonya juga indah! Keren jeng! ^^

Pipit said...

Hai G!
Thanx ya :)
Tuh main2 ke tukang fotonya yg baru belajar bikin blog :D
www.firman-HMD.blogspot.com