November 17, 2009

Lava Tour

Pernah nggak, kebayang seperti apa rasanya terjebak di awan panas? Huhh.. nggak mau membayangkan ah.

Kmaren2 Jogja panaaassss bgt. Thanx God sekarang udah sejuk lagi masuk ke musim hujan. Makanya, aku kepengin banget main2 ke daerah jogja yang utara banget: lereng Merapi.Uh, dingiiinnn..

So, on Sunday i went there with Panda. Main ke tempat yang jadi aliran awan panas merapi 2006 lalu, dan melihat sedikit dampak dan endapannya. Sayangnya aku ngga ngambil foto bunker.

There, behind me, itu adalah sungai yg jadi jalur aliran awan panas. Aku juga baru tau, ternyata endapan awan panas itu ngga cuma debu dan pasir, tapi ada batu2 juga. Di sungai itu, jadi tempat penambang pasir dan batu bekerja:

Agak serem juga berdiri di pinggir..


Aku nggak tau pasti, ini endapan, bom gunung berapi (batuan yg terlontar waktu letusan), atau emang batu yg udah di sini dari sononya? Tapi enak dipeluk :)
Para pemecah batu di bawah tebing itu laki2. Trus, kalo udah pecah, batu2nya dibawa ke tempat pengumpulan sama para ibu2 dengan diletakkan di atas kepala begini:
 

Dampak awan panas waktu itu cukup dahsyat.
Nah, ini adalah batu gede bgt yg dipagarin. Nggak tau apakah udah ada dari dulu atau dari lontaran letusan.
Namanya:

Di parkiran, aku lihat tumbuhan ini. Ngga tau apa namanya, tapi menarik sekali bunganya:
Kios2 berganti jadi bangunan tidak permanen. Selain jualan makanan dan tentunya jadah tempe :) di situ juga dijual bunga2 edelweiss dan sataria:

But i found something that really made me laugh (what on earth does it mean?):

Tentang gunung2 berapi di Indonesia dan di dunia, bisa kita dapatkan informasinya di Museum Gunung Api Merapi, museum baru yang lumayan bagus isinya. Menarik. Sayangnya ngga boleh foto2 di dalam.

Kapan2 kita ke sana lagi yuk?

♥♥♥

Have a nice Tuesday everyone!
Don't let the rain knocks yout spirit down!!

No comments: